Senin, 12 Januari 2009

Hukum Dalam Islam (Tujuan Hukum Islam)


Tujuan utama hukum Islam adalah untuk melindungi lima perkara utama yang menjadi tunjang bagi keamanan dan kebahagiaan seluruh umat manusia sebagai individu, keluarga, masyarakat, negara dan seluruh dunia. Tujuan-tujuan ini tetap dan tidak boleh diubah. Lima perkara tersebut adalah:


1. Melindungi Agama
Tidak ada yang lebih utama bagi manusia selain daripada hidayah untuk hidup berpegang kepada Islam. Oleh karena itu tujuan yang paling utama ditetapkan undang undang, hukum atau syari'at di dalam Islam adalah untuk melindungi agama itu sendiri. Terselamatnya agama dari pencemaran golongan jahat dan golongan jahil akan menyelamatkan manusia dari kesesatan hidup tanpa berpegang kepada Islam. Hukum Islam menetapkan peraturan-peraturan bagi kelangsungan perjalanan manusia di atas bumi untuk meng'amalkan Islam tanpa digangu-gugat.
2. Melindungi Jiwa
Hukum Islam menempatkan jiwa manusia dan setiap makhluk yang bernyawa di satu kedudukan yang dihormati. Apabila nilai yang tinggi tidak diberikan khususnya kepada nyawa manusia, maka akan berlanjutlah kerusakan di atas dunia ini.
Hukum Islam menetapkan peraturan-peraturan yang rapi untuk memastikan tidak ada satu pun jiwa dihapuskan tanpa sembarang hak.
3. Melindungi Akal
Akal mempunyai tempat yang istimewa di dalam hukum Islam. Karena dengan akal, manusia dapat membuat penilaian dan pilihan bagi kebaikan diri dan masyarakatnya. Syari'at Islam melindungi akal karena dengan melindunginya, manusia mempunyai peluang untuk mengembangkan masyarakat mereka ke arah taqwa dan kebaikan. Hukum Islam menetapkan peraturan-peraturan yang bertujuan untuk membersihkan akal manusia dari sesuatu yang boleh mengganggu potensinya sebagai alat yang paling berharga bagi manusia.
4. Melindungi Kehormatan
Melindungi kehormatan manusia dari sesuatu yang mencemarkannya adalah salah satu tujuan penting disyariatkan hukum-hukum Islam. Dengan melindungi kehormatan, umat Islam dapat mengekalkan nama baik dan kesucian setiap anggota dalam masyarakat. Dengan cara ini, masyarakat selamat dari gangguan yang dapat mengganggu ketenteraman dan kedamaiannya.
5. Melindungi Harta Benda
Hukum Islam melindungi harta benda manusia karena merupakan hak yang tidak boleh dirampas tanpa alasan yang baik. Dengan harta benda, manusia dapat membangunkan dirinya dan masyarakatnya kearah pembangunan bagi kebaikan manusia bersama. Dengan terlindunginya hak manusia di atas harta bendanya diharapkan ia dapat menjayakan seluruh seluk beluk hidupnya menurut apa yang digariskan agama demi kepentingan pertumbuhan manusia seluruhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Template by : kendhin x-template.blogspot.com